Tim Penggali Sejarah Kp. Kramat, Grogol, Lakukan Sosialisasi Penulisan Buku


JAKARTA, TEGAR NEWS - Tim Penggali Sejarah Kampung Kramat atau yang disingkat TPS Kp. Kramat, Kelurahan Grogol, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat, melakukan sosialisasi sebagai tahapan awal kegiatan penulisan buku sejarah Kp. Kramat yang dilaksanakan pada hari Jum'at, 15 November 2019 yang bertempat di Aula Yayasan Masjid Jami Al Karomah. Achmad Sudrajat, Ketua Umum TPSa Kp. Kramat dalam sambutannya mengatakan, bahwa tujuan Sosialisasi ini adalah sebagai wadah silaturahim dan komunikasi terkait kegiatan yg akan kami laksanakan dlm TPS Kp. Kramat.



Dalam sosialisasi ini juga diharapkan mendapatkan banyak tambahan informasi, pelaku sejarah sebagai nara sumber, data-data, dan dokumentasi terkait sejarah Kp. Kramat. "Maksud dan tujuan TPS Kp. Kramat adalah membuat buku sebagai literasi sejarah Kp. Kramat bagi generasi muda dan sebagau ungkapan terimakasih para pendiri atau sesepuh Kp. Kramat", ungkap Achmad Sudrajat yang akrab dipanggil Anjat.


Ditempat yang sama, Lutfi Nasution, Sekretaris Umum TPS Kp. Kramat menerangkan, Kp. Kramat yang terletak diwilayah RW 09 banyak memiliki keunikan. Selain memiliki makam kramat dihalaman masjid Al Karomah, kampung ini juga menjadi Kota Baru diawal tahun 1950.

"Dulu, kampung ini memiliki makam kramat tepat dipinggir jalan raya, tapi pada tahun 1974 terdampak penggusuran pelebaran jalan, makam kramat ini dipindahkan ke TPU Tanah Kusir, sementara tanah wakaf masjid Al Karomah dipindahkan kedalam pemukiman penduduk", kata Lutfi. Masih menurut Lutfi, pada tahun 1947, kampung ini bernama Kampung Tanjung Kramat, Provinsi Jawa Barat, Kota Jakarta, Kecamatan Penjaringan, Kelurahan Angke Duri.

"Tahun 1950 Kp. Kramat menjadi Kota Baru di DKI Jakarta, karena pemerintah pusat membangun perumahanperumahan instansi pemerintah", terangnya. "Kami bermaksud ingin melakukan penelusuran dan penggalian sejarah Kp. Kramat yang menjadi bagian terpenting dalam perjalanan sejarah perkembangan DKI Jakarta", pungkasnya.

Diketahui dalam kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh Ketua RW 09, Ustd. H. Zainudin M. Noer, S.Ag, MM, Tokoh Agama, Ustad Nurudin, S.Ag (Bendahara Umum TPS Kp. Kramat), Ustad Makh'rotib (Ketua Masjid Jami Al Karomah), H. Ali Djaya AR (Tokoh Masyarakat/Pengurus Yayasan Masjid Jami Al Karomah), para Ketua RT, LMK RW 09, Karang Taruna, masyarakat dan remaja dilingkungan RW 09. (red)

Posting Komentar

0 Komentar