Hari ini Suhu Panas di Semarang Pecahkan Rekor


SEMARANG, TEGAR NEWS - Suhu cuaca di Kota Semarang, Jawa Tengah siang tadi ternyata memecahkan rekor terpanas dalam 37 tahun terakhir. Tercatat suhu udara hari ini mencapai 39,4 derajat Celcius. Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Klimatologi BMKG Semarang, Iis W Harmoko mengatakan suhu 39,4 derajat celcius itu terjadi antara pukul 13.00 WIB sampai 15.00 WIB.

"Suhu maksimum hari ini terjadi antara jam 1-3 siang tadi. 39,4 derajat celcius," kata Iis, Selasa (22/10/2019). Dari catatan BMKG, suhu tertinggi di Kota Semarang terjadi 12 Oktober 1972 dengan suhu 38,5 derajat celcius, kemudian 13 Oktober 1972 setinggi 38,7 derajat celcius, dan 18 Oktober 2002 setinggi 38,5 derajat celcius.

Salah satu warga Semarang, Imam pun mengakui siang tadi udara sangat panas, terlebih lagi ketika berkendara motor, angin yang menghempas terasa panas. "Pantas saja panas sekali, tadi kalau helm tidak ditutup panas sekali mukanya," kata Imam.

Sementara itu dua hari lalu sempat viral netizen memasang foto suhu udara pada aplikasi smartphone menunjukkan angka 40 derajat celcius di Solo dan sekitarnya. Menurut Iis saat itu suhu sebenarnya dari pantauan BMKG adalah 38 derajat celcius.

Iis mengatakan bulan Oktober memang waktu dimana suhu sedang panas-panasnya. Hal itu juga ditandai dengan adanya fenomena hari tanpa bayangan.


"Oktober itu matahari berada di atas kita. 'Kemarin' juga terjadi fenomena hari tanpa bayangan, ini wajar," katanya. (red)

Posting Komentar

0 Komentar