Siapkan Diri, Sambut SBMPTN 2016, Nih Tipsnya !


JAKARTA, TEGARNEWS.com - Dengan berakhirnya Ujian Nasional (UN) tingkat SMA membuat para siswa-siswi dapat bernafas dengan lega, dan bagi mereka yang ingin melanjutkan kuliah di kampus negeri, SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) telah siap menjadi salah satu kesempatan emas, dan SBMPTN ini tidak boleh dilewatkan begitu saja. 

Untuk menghadapi seleksi ini masih ada banyak waktu untuk mempersiapkan diri. Kali ini akan ada sejumlah tips bagi para siswa-siswi yang ingin mengikuti seleksi tersebut, yaitu Pertama, karena pola soal pada SBMPTN tidak berbeda jauh dengan UN, ada baiknya para calon peserta mengumpulkan soal-soal yang pernah dipelajari. 

Soal yang akan dihadapi nantinya akan lebih kompleks dan membutuhkan analisis tinggi. Dan yang kedua, ada baiknya calon peserta belajar mandiri, dengan disiplin megatur waktu untuk belajar. Dan belajar yang paling mudah adalah dengan mengerjakan soal. 

Dalam hal ini perlu memilih jam belajar yang efektif seperti pagi hari atau malam dan masing-masing sektar 2 jam. seleksi bersama Dalam belajar, pastikan selalu fokus dan tidak terganggu oleh aktivitas lainnya. Setelah itu yang ketiga, calon peserta SBMPTN juga dapat melakukan belajar kelompok dalam mempersiapkan diri. 

Dengan begitu, secara otodidak akan membantu dalam memecahkan soal-soal yang sulit. Dengan belajar kelompok, dapat saling berdiskusi dan berbagi soal dengan variasi yang berbeda. Tips yang keempat, tanya kepada Guru. 

Calon peserta dapat menanyakan kepada guru di sekolah jika menemukan kesulitan. Meminta Guru untuk mengajari dengan sopan dalam mengerjakan latihan. Dan perlu juga mencari waktu yang tepat, misalnya ketika guru selesai mengajar di sekolah. Kemudian untuk tips yang ke 5 dengan mengikuti Try Out. 

Sekarang ini telah banyak Try out sebelum menghadapi SBMPTN dan tidak harus dengan bergabung sebuah lembaga bimbingan belajar. Dengan mengikuti Try out ini nantinya akan memberikan gambaran akan kemampuanmu menjawab soal dalam seleksi nantinya. 

Tips yang ke 6 adalah jangan minder. Dalam belajar sendiri untuk menghadapi SBMPTN tidak perlu minder. Persaingan memang akan sangat ketat, hal tersebut membuat mereka yang telah ikut tes belum tentu akan diterima. Yang terpenting adalah usaha dengan baik dan pantang menyerah.

(Steveno BBW)

Posting Komentar

0 Komentar