Google Doodle Hari Ini Warnai Festival Holi

©Festival Holi
JAKARTA, TEGARNEWS.com - Festival Holi hari ini diperingati oleh Google melalui doodle. Google seperti biasa selalu ikut serta memperingati hari penting dengan menampilkan doodle di halaman utama raksasa mesin pencari tersebut. Kamis, 24 Maret 2016 Google menyajikan logo Google transparan.

Ketika dimainkan logo Google langsung berwarna-warni. Bukan tanpa alasan logo Google jadi berubah warna-warni, karena memang hari ini Google ikut memperingati Festival Holi 2016 melalui doodle.

Lalu apa sih Festival Holi itu ? Festival Holi merupakan festival warna untuk menyambut datangnya musim semi dan sebagai tanda berakhirnya musim dingin. Festival Holi sendiri sudah jadi tradisi dan dikenal oleh dunia. 

Festival Holi biasanya diperingati oleh masyarakat Hind di beberapa negara seperti di India, Bangladesh, Suriname, Nepal dan lain sebagainya.

Festival Holi selalu diadakan bulan Maret setiap tahun, tapi untuk tanggalnya tidak selalu sama. Tahun 2012 Festival Holi dirayakan tanggal 8 Maret, tahun 2015 Festival Holi jatuh pada tangga; 27 Maret dan di tahun ini Festival Holi dirayakan tanggal 17 Maret.

Dalam acara Festival Holi biasanya dirayakan dengan saling melempar bubuk dan menyiram air berwarna warni. Aksi dalam Festival Holi ini juga memiliki makna tersendiri yakni menggambarkan kemenangan kebaikan melawan kejahatan.

Untuk puncak perayaan Festival Holi ini disebut Dhulandi, Dhulendi atau Dhulheti. Masyarakat India yang tinggal di Indonesia khususnya di Medan juga ikut merayakan Festival Holi. Festival Holi di Medan cukup banyak di hadiri masyarakat keturunan India.

Festival Holi dimulai dari pagi, dan setiap peserta Festival Holi sudah mulai mencari sasaran mereka untuk dilempar tepung warna warni. Sasaran yang diburu para peserta adalah para tamu undangan untuk menambah keseruan.

Bermacam warna memenuhi Festival Holi, ada yang bisa dilempar, dioleskan bahkan ada yang di masukan ke dalam pistol air. Semua peserta dalam Festival Holi begitu senang dan mayoritas mengenakan pakaian berwarna putih agar tidak kontras dengan warna tepung yang digunakan.

Editor: Steveno BBW

Posting Komentar

0 Komentar