Fortuner Terbaru Mengaspal Di Indonesia Awal 2016?


Editor: Steveno Bayu Budi
Oleh: Akbarul Junaidi
Sumber: Otonity


JAKARTA, TEGARNEWS.com - Mobil Toyota Fortuner Terbaru, Dalam beberapa waktu belakangan ini kabar mengenai segera diluncurkannya All New Toyota Fortuner ke pasar tanah air semakin berhembus, bahkan dikabarkan pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang berada di kawasan Karawang sudah siap untuk memproduksi generasi terbaru dari mobil SUV tangguh tersebut setelah sebelumnya juga digunakan untuk perakitan massal All New Toyota Kijang Innova.

Tanda-tanda kehadiran All New Toyota Fortuner ke Indonesia juga semakin jelas mengingat beberapa dealer Toyota memberikan diskon cukup besar terhadap mobil tujuh penumpang tersebut yaitu pada Desember 2015 ini mencapai Rp 50 juta. Menurut keterangan salah satu sumber Toyota Indonesia jadwal peluncuran Toyota Fortuner tinggal beberapa pekan lagi atau tepatnya tanggal 23 Januari 2016.

Sumber tersebut juga menjelaskan kalau di bulan Desember 2015 ini teaser berupa video akan beredar untuk membuat para pecinta otomotif semakin penasaran. Menurut sumber secara garis besar spesifikasi yang digunakan pada All New Toyota Fortuner 2016 diproduksi dan di jual di Indonesia nantinya tidak jauh berbeda dengan versi Thailand yang sudah terlebih dulu mengaspal pada bulan Juli lalu. Setidaknya generasi terbaru dari Fortuner akan memakai dua pilihan mesin yaitu diesel dan bensin dengan sistem penggerak 4X4.


Seperti diketahui All New Toyota Fortuner memulai debut pertamanya di negara Thailand dengan mengusung banyak perubahan mulai dari tampang depan yang dilengkapi grill baru serta disematkan pula LED daytime. Tidak ketinggalan di sektor ruang kabin juga mengalami sentuhan baru dengan hadirnya layar sentuh canggih berukuran 7 inch yang telah terintegrasi dengan kamera belakang.

Tidak hanya itu saja guna memberikan kenyamanan bagi penumpang di baris paling belakang terdapat fitur one touch di bagian kursi baris kedua sehingga dapat dilipat dengan mudah guna memberikan akses keluar masuk bagi penumpang baris ketiga. Untuk urusan dapur pacu pihak Toyota Thailand menyematkan tiga pilihan mesin.

Pertama mesin diesel berkapasitas 2,4 liter yang mampu menghasilkan tenaga mencapai 150 hp, sedangkan untuk kapasitas 2,8 liter sanggup menggelontorkan tenaga hingga 177 hp. Hadir juga varian mesin bensin dengan kapasitas 2,7 liter bertenaga 166 hp. Ketiga mesin baru ini menggantikan tiga tipe mesin lama yang terdapat pada Fortuner sebelumnya yaitu 2,5 liter, 2,7 liter dan 3,0 liter.

Jika dipastikan tidak jauh berbeda dengan yang ada di Thailand maka All New Toyota Fortuner versi Indonesia nantinya juga akan memiliki tubuh lebih panjang 90 mm dari sebelumnya serta 15 mm lebih tinggi namun memiliki ground clearance lebih rendah 15 mm. Sedangkan pada jarak poros roda tidak mengalami perubahan sama sekali yaitu 2.750 mm.

Beralih ke soal harga Mobil SUV New Toyota Fortuner 2016 di Thailand dipasarkan dengan banderol paling rendah 1.199.000 bath hingga 1.599.000 bath. Jika dirupiahkan angka tersebut sama dengan Rp 468 juta sampai Rp 624 juta. Sayangnya pihak TMMIN tidak memberikan bocoran sama sekali mengenai harga yang nantinya akan ditawarkan apakah akan lebih mahal dibandingkan di Thailand atau justru lebih rendah.

Memang jika dilihat harganya Toyota Fortuner terbaru ini sedikit lebih mahal dibandingkan banderol generasi sebelumnya, hal tersebut tidak dapat dipungkiri karena versi anyar tersebut memiliki segudang fitur baru seperti A-TRC (Active Traction Control) yang berfungsi mengatur sistem pengereman supaya lebih maksimal. Sedangkan untuk fitur-fitur standar masih tetap dipertahankan termasuk tujuh buah airbag, ABS beserta brake assists, brake distribution, vehicle stability control, traction control system, TSC serta vehicle stability control.

Posting Komentar

0 Komentar