Bekasi Education Fair, Buka Kreatifitas Pelajar Menuju Industri

Bekasi Education Fair 2015 Town Square (Betos) / Foto: Steveno
BEKASI, TEGARNEWS.com - Bekasi Education Fair 2015 Town Square (Betos) di Jalan Cut Meutia, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi menggelar beberapa kegiatan pendidikaan dengan tema pintu masa depan digelar selama empat hari ke depan.

Ketua Forum Bursa Kerja Khusus (BKK), Kaman Suhardi Mpd mengatakan, pendidikan di Kota Bekasi sudah mengalami kemajuan dan koordinasi dari BKK di setiap sekolah-sekolah ke Dinas Tenaga Kerja(Disnakertrans) serta Dinas Pendidikan sudah terlihat.

"Pendidikan di Kota Bekasi sudah lebih maju dibanding wilayah lainnya, namun perlu ditingkatkan koordianaasinya saja antara Disnakertrans dan dinas pendidikan," kata Kaman di Town Square (Betos) Jalan Cut Meutia, Bekasi, Kamis (12/11) sore.

Kegiatan ini, lanjut Kaman, bertujuaan untuk mempercepat dalam penyaluran daya serap calon alumni ke dunia industri dan wirausaha.

"Pertama secara program BKK sudah bisa menempatkan diri membantu dinas tenaga kerja karena telah bermitra dan informasinya bisa datang dari mana saja. Tapi yang terpenting audiensnya (alumni) untuk dapat kami arahkan ketempat lowongan perkerjaan yang sesuai dengan bidangnya di berbagai perusahan dan kabupaaten yang sudah hampir terserap semua," tuturnya.

Kaman menambahkan, bahwa ada pameran pendidikan yang juga dikerjakan oleh BKK tahun kemarin juga sudah ada koordianasi kalau job fair, Dinaskertrans pelaksananya diinformaasikan ke dinas pendidikan dari situ nanti di informaasilkan ke BKK di setiap SMK.

“Permasalaahnya alumni se-banyak 50 persen belum berusia 18 tahun karena belum bisa kita salurkan ke perusahan dan ukuran berat badan juga sangat berpengaruh dalam mencari perkerjaan untuk itu kita selalu berkoordinasi dengan guru pendidikan olahraga,” ungkapnya.

Sistem Kontrol Instalasi Rumah Berbasis Android di Peragakan SMAN 2 Bekasi / Foto: Andre
Sementara itu, Anggota DPRD Bekasi, Komis D, Murfati Lidianto SE, mengapresiasi kegiatan Bekasi Education Fair 2015, selain memacu kreatifitas para siswa-siswi juga untuk lebih memperkenalkan sekolahnya ke dunia industri di Kota Bekasi.

"Saya mengapresiasi atas kegiatan education ini karena baik buat para siswa SMK untuk memacu kreatifitas dan keterampilan. Contohnya SMK 4 Bekasi yang sudah beberapa kali siswa kelas 3 -nya diminta oleh beberapa perusahan yang bergerak dibidang otomotif dan mesin untuk berkerja di sana," terangnya.

Murfati menilai keberadaan SMK sangat penting untuk menghsilkan lulusan yang memiliki keteraMpilan kusus.

Seperti diberitakan sebelumnya, Bekasi Education Fair 2015 diikuti oleh beberapa sekolah dari tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) dilibatkan dalam kegiatan itu. Selain tingkatan pelajar, pendidikan tinggi yang ada di Bekasi ikut memeriahkan event pendidikan ini.

Para pelajar yang mengikuti acara tersebut membuka stand dengan membawa brand sekolah masing–masing. Mereka memperlihatkan hasil kreativitasnya. Juga terdapat kegiatan lain, seperti lomba pidato hingga talk show dari beberapa narasumber.

Penulis: Andreas
Editor: Steveno Bayu Budi Wiriawan

Posting Komentar

0 Komentar