Mobil Ala James Bond Bakal di Luncurkan

Ilustrasi james bond tomorrow never dies r380 / steve TN
JAKARTA, TEGARNEWS.com - Minggu ini Jaguar Land Rover mengumumkan prototype Mobil Remote Control Land Rover, Range Rover yang bisa dikendalikan dengan menggunakan aplikasi smartphone. Kontrol dengan smartphone bisa dilakukan selama pengemudi berada dijarak 32 kaki dari mobil, dengan begitu pengemudi bisa mengendalikan hal-hal dasar mobil. Seperti maju mundur, jalan dan lainnya, hingga kini mobil dengan remote control belum bisa melakukan kemudi jarak jauh seperti halnya di film James Bond. Jangan takut tertabrak mobil saat dikendalikan dengan smartphone, karena mobil akan berhenti dengan sendirinya saat tubuh Anda mendekati mobil.



Pengendalian dengan smartphone bisa memberikan manfaat banyak jika mobil melintasi jalur off-road atau jalan dengan lintasan yang sulit untuk dikendalikan, sehingga pengemudi bisa turun dari mobil sambil melihat langsung mobil dan tentunya lebih mudah dikendalikan. Sama halnya ketika Anda sedang berada di lapangan parkir dan ingin mundur, tanpa harus berada didalam mobil, Anda sudah bisa memarkir mundur atau mengeluarkan mobil Anda tanpa harus takut menabrak.

Jaguar Land Rover atau JLR saat ini tengah disibukan untuk membuat mobil yang berbasis teknologi. Saat ini teknologi yang ada diantaranya adalah melihat kondisi jalan dan lampu merah, namun sensor ini tidak akan berfungsi jika di jalan tersebut tidak memiliki lampu merah atau signal lainnya. Untuk itu saat ini sedang diciptakan mobil yang dapat memberikan sensor petunjuk jalan dan lampu merah di jalan yang tidak memiliki fasilitas tersebut.

Belum diketahui kapan JLR akan meluncurkan aplikasi smartphone untuk pengontrol mobil, namun prototype ini adalah pertama kalinya dilakukan uji coba oleh pihak JLR. Tahun lalu JLR juga telah melakukan uji coba menggunakan kaca mobil yang berfungsi sebagai layar informasi petunjuk jalan, layaknya seperti mobil balap.

( SB Budi W )

Posting Komentar

0 Komentar