Indonesia Masuk TOP-5 Tujuan Investasi Asia Pasifik

Presiden Indonesia Joko Widodo sedang menyampaikan presentasi dalam acara forum kerja sama Indonesia-China di Gedung Balai Rakyat, Beijing, Cina pada 27 Maret 2015. Indonesia merupakan negara tujuan investasi nomor 2 investor dari China. REUTERS/Feng Li
JAKARTA, TEGARNEWS.com -Indonesia ternyata masih menjadi target investor, terutama yang berasal dari Asia. Minat investasi yang tinggi datang dari China, Jepang, Korea Selatan, dan Taiwan; demikian ditunjukkan data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Bahkan data The Economist menyebutkan untuk tahun 2015 Indonesia berada di peringkat kedua tujuan investasi Asia Pasifik, setelah China.

Tabel : Skor Peringkat Prioritas Investasi
Sumber : The Economist
Adapun untuk dana investasi asing secara langsung (foreign direct investment, FDI), besarannya ditunjukkan data United Nations Conference On Trade And Development (UNCTAD). Sepanjang tahun 2014, FDI ke Indonesia mencapai $22 miliar—di mana Indonesia berada di posisi kelima paling besar di kawasan Asia.

Apa penyebab kabar baik ini?

Populasi yang besar dan sebagian besar merupakan usia produktif merupakan dua faktor utama yang membuat Indonesia menjadi pasar potensial di mata investor. Data Population Reference Bureau 2014 menunjukkan Indonesia berada di peringkat keempat populasi terbesar sejagat dengan rata-rata pertumbuhan jumlah penduduk mencapai 21 persen dalam 10 tahun terakhir. 

Tambahan lagi, laporan World Population ProspectsPBB telah memproyeksikan Indonesia akan menikmati “bonus demografi” dalam periode 2015-2030. Bonus demografi adalah kondisi di mana jumlah penduduk produktif lebih besar daripada jumlah penduduk non produktif, sehingga berpotensi mendorong tingkat konsumsi suatu negara.

Rep. Sisca
Red. SB Budi W

Posting Komentar

0 Komentar