Cara Bersihkan Lensa Kamera HP untuk Maksimalkan Hasil Foto

BEKASI, TEGAR NEWS - Kamera handphone (HP) zaman sekarang telah mampu menghasilkan gambar-gambar mumpuni. Namun, pengguna perlu mengetahui cara membersihkan lensa kamera hp agar tetap memberikan hasil foto maksimal.

Saat ini, vendor-vendor ponsel berlomba-lomba meningkatkan sensor lensa kamera. Ponsel saat ini memiliki kamera dengan sensor 64 MP hingga 108 MP.

Akan tetapi, patut diingat sebagus apa pun performa kamera, kebersihan lensa juga turut mempengaruhi kualitas gambar.

Noda minyak atau debu pada lensa bisa membuat hasil foto tampak kabur dan tidak jernih. Debu dan noda pada kamera juga turut berpengaruh saat Anda melakukan panggilan video yang menjadi normal baru (new normal) di saat pandemi Covid-19 ini.

Berikut adalah beberapa tips membersihkan lensa kamera ponsel agar performa kamera tetap maksimal.

1. Jangan gunakan tisu

Pengguna sebisa mungkin jangan menggunakan tisu untuk membersihkan lensa kamera. Tisu memiliki permukaan yang cukup kasar dan bisa membuat lensa lecet.

2. Gunakan lap microfiber

Ketika membersihkan lensa kamera, disarankan menggunakan lap microfiber untuk meminimalisir gesekan kasar ke lensa kamera. Sebab, gesekan keras bisa mengakibatkan lecet pada lensa yang mengakibatkan hasil foto yang tidak jernih, seperti ditulis Android Central.

3. Gunakan cairan pembersih lensa

Cairan pembersih lensa bisa ditambahkan pada lap microfiber. Cairan ini bisa membantu menghilangkan noda yang membandel. Melansir Phonebox, cairan pembersih khusus lensa memiliki zat-zat kimia yang tak merusak lensa. 

Selain dapat membantu menghilangkan noda membandel, cairan pembersih lensa juga dapat memuluskan gesekan antara lap dengan lensa kamera untuk mencegah lecet pada lensa. Beberapa cairan pembersih lensa juga dibekali dengan zat anti bakteri.

Disarankan agar cairan pembersih disemprotkan ke lap, bukan langsung ke lensa. Hal ini untuk mengurangi kemungkinan cairan menyelip masuk ke sensor kamera di balik lensa.

4. Gunakan cotton bud atau blower untuk bersihkan debu

Cotton bud atau peniup udara (blower) untuk kasur angin bisa digunakan untuk menghilangkan debu yang 'bersembunyi' di sudut-sudut kamera yang tak terjangkau lap, seperti dilansir Popular Science.

Sikat halus yang disediakan saat menggunakan alat pembersih layar juga bisa digunakan untuk menghilangkan debut di sudut-sudut kamera. (red)

Posting Komentar

0 Komentar