Wisata Budaya Sumatra Barat

Tari Piring 

JAKARTA, TEGARNEWS.com - Siapa yang tidak mengenal kota padang, padang sangat terkenal sekali dengan jam gadang dan juga legenda malin kundang. Namun tidak hanya terkenal dengan jam gadang serta menu makanan yang serba pedas saja. Ternyata di padang juga menyimpan berbagai jenis budaya yang wajib untuk kita ketahui.


Budaya di padang ini sangatlah berbeda dengan budaya-budaya di daerah lainnya. Pada event-event tertentu di padang banyak sekali menampilkan event wisata budaya. Jam gadang sendiri saat ini juga merupakan tempat yang banyak dikunjungi. Dalam acara-acara tertentu didepan jam gadang ini dilangsungkan berbagai jenis kebudayaan khas padang, Sumatera Barat. Berikut ini beberapa budaya yang ada di padang, Sumatera Barat yang harus anda ketahui :

Pakaian adat
Pakaian adat sumatera barat sangatlah unik dan etnik untuk dikenakan, banyak sekali unsure-unsur daerah sumatera barat sendiri yang melekat kuat di pakaian ini. Pakaian adat wanita sumatera barat ini sering disebut dengan baju kurung, sedangkan pakaian adat pria disebut pakaian adat penghulu.

Senjata tradisional
Di sumatera barat tepatnya di padang memiliki satu senjata tradisional yang disebut karih. Karih ini hamper mirip dengan keris dan biasanya dipakai oleh kaum laki-laki dan diletakan disebelah depan.

Tari tradisional
Padang memiliki berbagai kebudayaan yang khas salah satunya tari tradisional. Tari-tari tradisional seperti tari piring, tari paying selalu menjadi tarian tradisional yang hingga kini masih di pelajari dan di tampilkan.

Alat musik tradisional
Sumatera memang memiliki nuansa minangkabau yang sangat lekat sekali, salah satunya yang menunjukan kelekatan tersebut adalah berbagai jenis alat musiknya. Alat musik tradisional ini sangat cocok sekali untuk mengiringi berbagai musik minang. Berikut ini beberapa alat musik tradisonal padang :

Alat Musik Saluang
Saluang, Merupakan alat musik tiup yang terbuat dari bamboo tipis atau yang sering disebut talang.Bansi. Bansi merupakan alat musik tradisional padang yang memiliki 7 lubang dan dapat dimaninkan untuk mengiringai berbagai lagu tradisional maupun modern karena memiliki nada standar.

Alat Musik Talempong
Talempong ini memiliki bentuk hampir mirip dengan gamelan jawa, namun yang membedakan talempong terbuat dari kuningan, kayu maupun batu. Talempong ini banyak digunakan untuk mengiringi tari khas sumatera barat seperti tari piring, tari pasembahan, dll.

Itulah tadi beberapa kebudayaan yang ada di sumatera barat khususnya padang. Dengan anda mengetahui kebudayaan dari berbagai wilayah di Indonesia pastinya wawasan anda juga akan bertambah luas. Kebudayaan padang yang lekat dengan adat minang ini memang sangat bagus sekali, banyak nilai-nilai penting yang terkandung didalam setiap budaya yang ada di padang.

EDITOR: SB BUDI W

Posting Komentar

0 Komentar