Festival Danau Tempe 2015 Dibuka 8 September


WAJO, SULAWESI SELATAN, TEGARNEWS.com - Mulai hari ini Selasa (8/9/2015), Festival Danau Tempe 2015 dimulai. 

Danau Tempe salah satu destinasi wisata alam di Indonesia dan merupakan kebanggaan masyarakat Wajo, Soppeng dan Sidrap di Provinsi Sulawesi Selatan, yang menggantungkan penghidupannya pada danau purba ini. Selain terkenal dengan keindahannya, danau penghasil ikan air tawar ini juga memiliki banyak kearifan lokal yang terus dijaga kelestariannya.

Dari rilis yang diterima Tegar News, Pemerintah Kabupaten Wajo bersama masyarakat pesisir Danau Tempe akan menyajikan berbagai pagelaran dan pelestarian budaya yang dikemas dalam Festival Danau Tempe 2015 dengan mengangkat berbagai kebudayaan lokal.

Selain itu, kegiatan tahunan ini digelar sebagai upaya perwujudan rasa syukur atas segala berkah dan rezeki yang diperoleh melalui kekayaan Danau Tempe. Acara paling sakral dalam festival adalah “Maccera Tappareng” atau menyucikan danau, berupa pemotongan sapi yang dipimpin oleh Macoa Tappareng. Semua peserta ritual Maccera Tappareng memakai baju bodo (baju adat Bugis).

Festival Danau Tempe tiap tahunnya sangat meriah karena adanya lomba-lomba tradisional, seperti lomba balap perahu dayung tradisional, lomba layang-layang tradisional dan kreasi, lomba Ma Longga, lomba gassing, lomba panjat pinang dan lomba Mappadendang.

Beberapa kabupaten sekitar direncanakan akan turut serta memeriahkan dengan berbagai pertunjukan seni tradisional yang menjadi budaya masyarakat bugis dan potret kehidupan di pesisir Danau Tempe yang diikuti oleh beberapa kabupaten sekitar.

Festival Danau Tempe 2015 berlangsung di lokasi utama di areal TPI (Tempat Pelelangan Ikan) Jalan 45 Tempe Sengkang Kabupaten Wajo.

PENULIS: RICKY TAMBA

Posting Komentar

0 Komentar