Instagram

Pacitan : Kota 1001 Goa

Kota Pacitan - Jawa Timur
PACITAN - TEGARNEWS.com  , Goa terindah di Asia Tenggara ternyata ada di Indonesia , tepatnya di Pacitan, Jawa Timur.Pacitan terkenal dengan sebutan “Kota Seribu Satu Goa” .ow ow ow.. Kira-kira kenapa, ya, Pacitan disebut Kota Seribu Satu Goa? Itu karena di daerah Pacitan banyak terdapat goa-goa.

Goa Gong
Dengan banyaknya goa-goa yang ada di Pacitan, maka ini menjadi objek wisata andalan Pacitan. Salah satu goa di Pacitan diklaim menjadi goa terindah di Asia Tenggara, yaitu Goa Gong .


Goa Gong  terletak di Dusun Pule, Desa Bomo, Kecamatan Punung, Donorejo, Pacitan, Jawa Timur. Goa ini mempunyai keunikan dibanding goa yang lain, lo lo lo ! Stalaktit dan stalakmit yang terdapat pada Goa Gong dapat berbunyi seperti gong yang dipukul.




                                                                                                       
Goa Gong
        Stalaktit dan stalakmit yang ada pada Goa Gong  ini diberi nama 
Selo Giri, Selo Citro Cipto Agung, Selo Pakuan Bomo, Selo Adi Citro Buwono, Selo Bantaran Angin, dan Selo Susuh Angin.

Sumber air di Goa Gong juga diberi nama, yaitu, Sendang Jampi Rogo, Sendang Panguripan, Sendang Relung Jiwo, Sendang Kamulyan, dan Sendang Relung Nisto. Penduduk setempat percaya, sumber air ini dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Goa Gong bisa menjadi sebuah lokasi wisata yang menantang bagi para fotografer. Selain tidak mudah mengambil gambar yang baik di kondisi goa yang remang-remang, diperlukan juga keahlian khusus untuk memotret stalagtyt dan stalagmyt sehingga nampak lebih indah. 
Pacitan, Jawa Timur  (22/08/2015).


SB Budi W

Posting Komentar

0 Komentar