Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Alipbata Membangun Ekopariwisata Pesisir Muara Gembong Tanpa Bantuan Dari Pemerintah

 

         

Foto : Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Alipbata saat mendirikan jembatan ekowisata di pesisir Muara Gembong. (dok JC)


BEKASI , TEGAR NEWS - Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Alipbata yang diketuai oleh Sonhaji berinisiatif secara swadaya untuk membuat kawasan ekowisata di muara sungai Citarum. Didirikan sejak Tahun 2013, Kelompok Sadar Wisata Alipbata ini sudah melakukan beberapa kegiatan yang bersifat pengembangan ekonomi kerakyatan dan pariwisata pesisir pantai, seperti penanaman pohon mangrove, memberikan edukasi kepada warga terkait pemburuan liar dan penyelamatan pesisir dari erosi dan abrasi.

"Kami berusaha semampu kami secara swadaya untuk mendirikan pariwisata pesisir guna membatu perekonomian warga sekitar dan kami juga memeberikan edukasi tentang bahaya perburuan liar, pengrusakan lingkungan dan pencegahan erosi serta abrasi," ujar Sonhaji kepada Tegar News, Senin (24/8/2020).

           


Sonhaji berharap, campur tangan pemerintah dalam hal ini Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi, untuk dapat meninjau dan memberikan bantuan agar supaya program ini berjalan dengan lancar.

"Harapan kami pemerintah Kabupaten Bekasi khususnya Dinas Pariwisata turut serta membantu agar masyarakat pesisir mendapatkan kesejahteraan. Dan pemerintah Daerah jangan hanya mengclaim saja ketika semua ini berjalan lancar, jangan hanya mau mengambil Pajaknya saja tetapi pada saat pembangunan seolah-olah tutup mata," tegasnya.

Sonhaji menambahkan, selama ini para pihak terkait seolah melupakan kawasan perbatasan dan pesisir pantai, salah satunya akses jalan menuju kawasan pariwisata yang belum tersambung dan jalur lintas air juga tidak tertata.

"Saya melihat tidak ada perhatian dari pemerintah dan dinas terkait. Infrastruktur dan akses menuju kawasan pariwisata sangat minim bahkan tidak ada, pendangkalan sungai jalur air pun menjadi kendalanya, seharusnya dinas Pariwisata beserta dinas Lingkungan Hidup berkolaborasi untuk menata kawasan pesisir muara Gembong ini agar kesejahteraan masyarakat terbantu dan menarik wisatawan lokal maupun mancanegara untuk menjadi pemasukan juga bagi Pemerintah Daerah," pungkas Sonhaji.(JC)

Posting Komentar

0 Komentar