Olahraga Seperti Apa Yang Efektif Menurunkan Berat Badan?


JAKARTA, TEGARNEWS.com - Semua orang tentu mendambakan bentuk tubuh dan berat badan yang ideal. Selain bisa mempengaruhi tampilan dan rasa percaya diri, berat badan yang ideal juga bisa membuat resiko terkena berbagai penyakit berbahaya menurun dengan signifikan. 

Jika kita memiliki berat badan yang berlebihan, maka pakar kesehatan pun menyarankan kita untuk mengubah pola makan kita agar menjadi lebih sehat dan seimbang. Selain itu, cobalah untuk melakukan olahraga secara rutin. 

Pertanyaannya adalah, olahraga seperti apa yang akan efektif menurunkan berat badan? 

Banyak orang yang berpikir jika latihan kardio adalah olahraga yang paling tepat untuk mengurangi berat badan mengingat ada banyaknya kalori yang terbakar setiap sesi kardio. 

Namun, kardio ternyata hanya akan berpengaruh kecil apda otot dan akan sedikit menurunkan berat badan. Penelitian yang dilakukan di Amerika menunjukkan sebuah fakta dimana orang-orang yang ingin melakukan diet berhasil menurunkan berat badannya hingga 9 kilogram setelah melakukan latihan fisik secara rutin. 

Hanya saja, latihan fisik kardio hanya secara efektif menurunkan 2 kg berat badan saja, sementara itu, sebagian besar berat badan lain yang berhasil diturunkan justru didapat dari latihan angkat beban yang memang bisa mengurangi kadar lemak secara efektif. 

Dengan melakukan latihan angkat beban, maka kita akan membentuk otot sekaligus membakar lemak. Setidaknya, dalam satu kilogram otot yang terbentuk, maka akan ada setidaknya 120 kalori yang bisa dihilangkan. 

Selain membuang banyak tumpukan lemak, uniknya latihan fisik ini juga bisa membuat tubuh lebih berisi, meskipun kini yang mengisi adalah otot-otot yang jauh lebih baik sehingga tubuh pun akan terlihat jauh lebih sehat dan bugar. 

Meskipun kurang efektif menurunkan berat badan, pakar kesehatan menyebutkan jika latihan kardio tidak lantas harus kita tinggalkan mengingat adanya dampak positif dari terbakarnya banyak kalori sekaligus kemampuannya mengendalikan stress dan depresi. 

Cobalah untuk mengimbangi porsi latihan beban dan latihan kardio sehingga tubuh pun semakin sehat dan ideal.

Oleh: Dr. Alex Daniel Kristiadi
Editor: Steveno BBW

Posting Komentar

0 Komentar