Beras Hitam Yang Bermanfaat Luar BIasa

JAKARTA, TEGARNEWS.com - Beras hitam dikenal sebagai biji-bijian kuno yang memiliki manfaat kesehatan yang mengesankan. Beras ini mengandung antioksidan yang berkhasiat dalam melawan berbagai penyakit.

Tak hanya itu, beras ini juga kaya akan serat dan memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga berkhasiat untuk menghentikan perkembangan penyakit seperti kanker, diabetes dan jantung.

Selain itu, beras hitam juga dikenal sebagai makanan yang paling sehat yang dapat digunakan untuk menurunkan berat badan. Kandungan antioksidan yang terkandung di dalamnya setara dengan blueberry dan blackberry.

Beras hitam mengandung lebih banyak serat, rendah gula, serta sumber zat besi lebih baik daripada beras merah. Beras hitam juga menawarkan lebih banyak nutrisi daripada nasi putih ataupun coklat.

Dilansir dari Bold Sky, Jumat (22/1), berikut beberapa manfaat luar biasa dari beras hitam:

1. Kesehatan jantung

Menurut penelitian, beras hitam dapat mengurangi risiko pembentukan wabah arteri. Menjaga arteri jelas dapat mencegah risiko serangan jantung dan stroke. Kandungan Fitokimia yang terkandung di dalamnya membantu menjaga tingkat kolesterol yang sehat.

2. Mendetoksifikasi tubuh

Dalam sebuah studi menemukan beras hitam dapat membantu dalam proses detoksifikasi yang dapat membersihkan hati dari racun buid-up. Kandungan antioksidan yang terkandung di dalamnya juga dapat mendetoksifikasi tubuh dan mengurangi radang fitonutrien.

3. Kesehatan pencernaan

Beras hitam kaya akan kandungan serat yang dapat membantu dalam mencegah sembelit, kembung dan masalah pencernaan lainnya. Beras hitam juga dapat membantu dalam fungsi regular dari saluran GI. Selain itu, beras hitam ini juga dapat membantu dalam menurunkan berat badan.

4. Mencegah diabetes

Mengkonsumsi beras hitam dapat mengurangi risiko diabetes tipe-2. Biji-bijian ini juga dapat bermanfaat dalam mengendalikan diabetes. Tak hanya itu, beras hitam juga dapat menjaga keseimbangan berat badan dan tingkat energi Anda.

5. Mencegah obesitas

Nutrisi dan serat yang hadir dalam beras hitam dapat mengurangi sinyal rasa lapar yang dapat mengistirahatkan perut Anda untuk makan berlebihan. Sebuah studi menyebutkan beras hitam dapat membantu mencegah resistensi insulin yang berhubungan dengan peningkatan risiko obesitas.


Penulis: Nancy Simangunsong
Editor: Steveno BBW

Posting Komentar

0 Komentar