Jelajah Pusaka Bali


TEGARNEWS.com - Terbentuknya Kota Denpasar tidak bisa dilepaskan dengan Sejarah pada masa Bali Madya. Kota Denpasar pada awalnya adalah pusat Kerajaan (PURI).

Tersebutlah dibawah pohon beringin yang berada disebelah Utara Pasar dan disebelah Selatan Puri Satria, oleh raja I Gst. Ngr. Gde Pemecutan dibangun sebuah Taman Kerajaan.

Karena letaknya disebelah Utara (Den = Utara) maka Taman ini disebut Taman Denpasar. Di Taman ini pada tahun 1788 I Gst. Ngr Made Pemecutan, membangun Puri.

Beliau adalah putra raja yang menggantikan ayahandanya menjadi Raja Bandung. Sejak saat itu Pusat Kerajaan Badung yang semula di Puri Satria dipindahkan ke Puri Denpasar. Situs Puri Denpasar diperkirakan berada diareal Gedung Jaya Sabha sekarang, yang digunakan untuk Rumah Dinas Gurbernur Bali.

Uraian diatas adalah sekelumit tentang perjalanan sejarah Kota Denpasar, dan masih banyak lagi Situs-situs Sejarah yang terkait dengan keberadaan Kota Denpasar, diantaranya seperti : Puri Pemecutan, Puri Kesiman, Perkampungan Cina, Kampung Jawa, Kampung Arab, Ina Bali Hotel, Pura Maospahit dll.

Situs-situs kesejarahan tersebut perlu diketahui dan dimaknai secara tepat oleh generasi muda sebagai bekal menghadapi tantangan masa depan. Upaya yang paling relevan adalah upaya pengenalan dengan metode aktif, interaktif dan kreatif. Ketiga hal ini di aplikasikan menjadi kegiatan bertajuk JELAJAH PUSAKA.

EDITOR: SB BUDI W

Posting Komentar

0 Komentar