YCAI Lampung Menggelar Aksi Donor Darah

         

Foto: Yayasan Cinta Amelia Indonesia (YCAI) saat melakukan aksi donor darah di lapangan parkir Masjid Al- Huda Bandar Lampung.(Dok.Istimewa)


BANDAR LAMPUNG, TEGAR NEWS - Yayasan Cinta Amelia Indonesia (YCAI) Bandar Lampung Menggelar aksi donor darah yang dilaksanakan di lapangan parkir Masjid Al-Huda, Kelurahan Tanjung Agung Raya, Bandar Lampung (17/4).

Kegiatan ini sebagai salah satu rangkaian  dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan. Dalam proses pembentukan karakter  kepedulian terhadap sesama.

Kegiatan ini bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Prov.Lampung dan Yayasan cinta amelia Indonesia prov Lampung.

Dalam acara ini, setidaknya lebih dari 26 pendaftar yang ingin mendonorkan darahnya. Jumlah ini melampaui jumlah pada saat dilakukan pendataan awal calon pendonor sekitar 37 orang 21 orang berhasil donor 11 pendonor gagal dalam pemeriksaan.

Setelah melalui tahap awal yaitu cek kesehatan oleh Pemeriksa yang bertugas, dengan sangat terpaksa ada beberapa pendonor yang kecewa. Beberapa orang yang daftar gagal dan tidak dapat melanjutkan donor darah karena tidak memenuhi kriteria dan persyaratan secara medis. Penyebab gagalnya tersebut antara lain dikarenakan kadar hemoglobin (Hb) kurang, tekanan darah tinggi,  sebelum dilakukan donor darah.

Persyaratan dasar untuk ikut serta dalam kegiatan donor darah adalah pendonor berusia 17 hingga 60 tahun. Berat badan minimal adalah 45 kg dengan tekanan darah di bawah 180 dan  di bawah 100, untuk orang dengan tekanan darah yang cenderung tinggi. Sementara, orang dengan tekanan darah rendah, tekanan darah yang dianggap aman.

Disamping hal di atas telah dipenuhi, syarat lainnya yaitu memiliki tubuh sehat secara jasmani. 

Hal ini penting mengingat darah pendonor akan masuk ke dalam tubuh seseorang.

Para peserta yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini terdiri dari para pengurus Yayasan Cinta Amelia Indonesia Provinsi Lampung.

Pengurus karateka shokaido Lampung serta Tokoh masyarakat Kel.Gunung Agung Raya Kec.Kedamaian. Beberapa dari peserta sudah terbiasa mendonorkan darahnya dan bahkan terdaftar menjadi pendonor tetap.

“Saya sangat senang bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan (donor darah) ini,” ujar Ibu Asmiati koordinator penyelenggara kegiatan donor darah.

Pendonor yang merupakan kader poskeskel Kel.Tanjung Agung Raya, Kec.Kedamaian Menurutnya, ia telah rutin melakukan donor darah setiap 3 (tiga) bulan sekali. 

Berbeda dengan ibu Atika beralamat Jalan Sukarno Hatta gg.Omega No.34 Kel.Way Halim Kec.Kemiling. Bandar Lampung  salah satu dari sebelas pendonor yang kecewa dia sangat kecewa tidak bisa melakukan donor darah disebabkan tidak lolos tes medis menurut team pemeriksa ibu Yeni Angelia.  pendonor yang tidak dapat di ambil darahnya dikarenakan kondisi pendonor kurang sehat dari hasil pemeriksaan .

Aksi donor darah ini juga mendapatkan apresiasi positif dari pembina Yayasan Cinta Amelia Indonesia  Ibu Cinta Amelia .SE .MM ditengah para anggota dan para pendonor serta tokoh masyarakat Kel.Tanjung Agung Raya Kec.Kedamaian. 

Kepala UTD PMI Provinsi Lampung  Bpk.dr.Aditya M.Biomed, secara terpisah menyampaikan bahwa donor darah kali ini sangat antusias dan tdk menyangka akan ramai para pendonor sekitar 21 pendonor . golongan  darah B : 7 pendonor Golongan darah O : 7 pendonor golongan darah A : 5 pendonor, golongan darah B + : 1, golongan darah A + : 1  berjumlah 21 pendonor.

Hal ini karena antusias warga dalam melakukan donor darah, jarang sekali dalam satu kegiatan mendapatkan pendonor dalam situasi Ramadhan. Diharapkan kedepanya terjalin kerjasama dengan baik.

Terkait donor darah tahun ini adalah perdana dilakukan oleh pengurus Yayasan Cinta Amelia Indonesia Prov.Lampung Dengan harapan  kedepannya kegiatan ini dapat dilakukan secara rutin ungkap Badri SR ketua DPW 2 yayasan cinta amelia Indonesia Provinsi Lampung.(red)

Posting Komentar

0 Komentar