Usulan Minim, Masyarakat Pertanyakan Kinerja Oknum Dewan Dapil IV

     

Foto: Ilustrasi


KABUPATEN BEKASI, TEGAR NEWS - Sejumlah stakeholder masyarakat menyesalkan kinerja salah satu Anggota DPRD Kabupaten Bekasi dari Daerah Pemilihan (Dapil) IV meliputi Kecamatan Babelan, Tambun Utara, Tarumajaya, Sukawangi, dan Tambelang yang dinilai masih jauh dari kata maksimal. 


Hal itu terungkap saat Legislator dari Partai Gerindra berinisial RM tersebut "hanya" mengusulkan tiga aspirasi masyarakat dengan pagu anggaran sebesar Rp1.650.000.000 yang tertuang didalam usulan pokok-pokok pikiran DPRD untuk pembangunan di wilayah Kabupaten Bekasi tahun 2022.


Berdasarkan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 Pasal 178 ayat 2 dijelaskan bahwasanya pokok-pokok pikiran DPRD tersebut diselaraskan dengan sasaran dan prioritas pembangunan serta ketersediaan kapasitas riil anggaran. 


"Iya saya cukup menyesalkan kenapa usulan dari Anggota DPRD tersebut hanya tiga, sementara saya melihat usulan dari dewan dari Dapil lain bisa mencapai ribuan atau ratusan, padahal kan banyak aspirasi masyarakat yang seharusnya ditampung untuk pembangunan kedepan khususnya di Dapil IV," ungkap salah satu Tokoh Masyarakat dari Babelan, Rahman kepada para awak media.


Sebagai masyarakat dari Dapil IV, dirinya pun mengaku bertanya-tanya apakah Anggota DPRD Kabupaten Bekasi tersebut tidak memahami mekanisme terkait usulan masyarakat, atau tidak bekerja untuk menampung berbagai usulan dan aspirasi dari masyarakat. 


"Anggota dewan seharusnya bisa memanfaatkan momen seperti kegiatan Musrenbang (Musyawarah Rencana Pembangunan) atau reses untuk menyerap usulan dan aspirasi masyarakat, atau bahkan turun ke lapangan guna mendengarkan secara langsung apa sih yang menjadi harapan masyarakat terkait pembangunan di wilayahnya," terangnya. 


Dirinya pun mengajak masyarakat di wilayah Kabupaten Bekasi khususnya di wilayah Dapil IV untuk ikut memonitor kinerja para anggota parlemen khususnya, agar berbagai aspirasi masyarakat baik dalam hal pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan sebagainya bisa ditampung dan diperjuangkan untuk direalisasikan. 


Sementara itu, salah satu Anggota DPRD Kabupaten Bekasi dari Dapil IV berinisial RM, belum menjawab konfirmasi dari awak media untuk menanggapi keluhan masyarakat terkait minimnya usulan pembangunan di wilayah Dapil IV Kabupaten Bekasi. (Ris/red)

Posting Komentar

0 Komentar