Serikat Tani Mancirim Bersatu Tiba di Jakarta Dengan Menempuh Jalan Kaki Selama 40 Hari

 

      

Foto : Para Demonstran yang melakukan aksi long march dari Deli Serdang, Sumatera Utara selama 40 Hari. Tiba di Jakarta Dini hari tadi (dok Istimewa)

     

          *) Oleh : Edysa Girsang

JAKARTA , TEGAR NEWS - Saat ini Serikat Petani Simalingkar Bersatu dan Serikat Tani Mancirim Bersatu di Kabupaten Deli Serdang, Sumut telah sampai di Jakarta setelah 40 hari melakukan aksi jalan kaki menuju istana negara.

Aksi jalan kaki ini dilakukan karena tempat tinggal dan lahan mereka sudah digusur oleh pihak PTPN II.  Di Desa Simalingkar luas area yang berkonflik dengan PTPN II kurang lebih 854 hektar dan area petani Desa Mencirim lebih 80 hektar.

Sekarang lahan pertanian dan rumah tempat tinggal mereka sudah rata akibat digusur. Lahan yang digusur di Desa Simalingkar atas dasar HGU nomor 171 tahun 2009, sedangkan Desa Mencirim atas dasar HGU nomor 92 tahun 2004. Padahal tanah itu tanah kakek nenek mereka sejak zaman Belanda dulu dan banyak yang sudah bersertifikat. 

Konflik antara petani dan PTPN II ini sebenarnya sudah berlangsung sejak lama. Bahkan tahun 2012 silam sempat terjadi korban antara petani dan PTPN II akibat konflik tersebut.

Para petani sudah mengadu ke pemerintah dan berbagai instansi setempat, namun tidak ada hasil. Jadi ini lah jalan mereka memperjuangkan hidup bagi masa depan dengan jalan kaki ke Jakarta untuk menemui Presiden. 

Untuk itu kami SOLIDARITAS UNTUK PERJUANGAN PETANI SUMUT menyatakan solidaritas dukungan atas perjuangan mereka menegakkan keadilan dan keberpihakan negara pada para PETANI.

Dengan menuntut:

1. Meminta Presiden dan juga Kepala negara berpihak pada para PETANI agar mereka kembali hidup normal dan sejahtera, dengan memberikan jaminan yang tegas kepada para Petani.

2. Meminta pertanggungjawaban PTPN II untuk mengembalikan rumah serta lahan harta milik mereka.

3. Mengadili dan mempenjarakan para investor dan oknum-oknum yg terlibat mentengsarakan rakyatnya. 

4. Tanah untuk rakyat dan bagi kesejahteraan rakyat. 

Demikan pernyataan solitaritas kami demi keadilan dan kemajuan kehidupan para PETANI. 

Atas nama

SOLIDARITAS UNTUK PERJUANGAN PETANI SUMUT


*Edysa Girsang*


Ketua Umum

Badan Relawan Nusantara

Posting Komentar

0 Komentar