Instagram

BRI Beri Pinjaman Hingga Rp20 Juta untuk Sopir Gojek dan Grab

JAKARTA, TEGAR NEWS - Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI memberi fasilitas pinjaman atau kredit kepada pengendara (driver) ojek online di tengah pandemi virus corona.

Direktur Konsumer BRI Handayani menyebut keringanan pinjaman mulai dari Rp5 juta hingga Rp20 juta akan diberikan kepada drivel ojol dan pekerja UKM yang memenuhi persyaratan BRI.

"Kami memahami pekerja harian dan pelaku UKM yang terkena imbas dalam kondisi penyebaran wabah seperti sekarang ini. Mayoritas masyarakat harus kerja dari rumah dan menerapkan physical distancing sehingga berdampak pada penghasilan mereka," ucapnya, seperti dikutip Kamis (14/5).

Untuk mitra kerja Gojek, keringanan pinjaman bunga diberikan kepada mitra GoRide, GoCar dan merchant GoFood. Para pendaftar fasilitas tersebut, kata Handayani, akan melewati assessment terlebih dahulu untuk dinyatakan memenuhi syarat bantuan.

Salah satu penilaiannya, yaitu persyaratan minimum seperti pendapatan rata-rata bulanan dan lamanya pengemudi ojol dan pelaku UKM bekerja.

Program tersebut masih memasuki tahap awal dan baru menawarkan keringanan kepada pengemudi ojol di area Jabodetabek. Driver Gojek yang dinyatakan lolos akan menerima pinjaman Rp5 juta dengan tenor pinjaman selama 24 bulan dan mendapatkan keringanan bebas bayar selama 3 bulan pertama.

Secara bertahap, fasilitas ini akan ditawarkan lebih luas kepada merchant Gofood dalam bentuk bantuan pinjaman hingga Rp20 juta dengan tenor 24 bulan dan keringanan biaya pembayaran pada 3 bulan pertama.

Fasilitas serupa juga diberikan untuk pengemudi Grab, yaitu pinjaman Rp5 juta dengan ketentuan bebas cicilan untuk 3 bulan pertama. Pembayaran akan dilakukan harian dengan sistem pemotongan langsung dari dompet digital ojol.

Untuk tahap awal, BRI akan memberikan bantuan untuk 1.000 mitra kerja Grab yang berlokasi di wilayah Jabodetabek.

Selain itu, bagi para pelaku UKM yang terdaftar sebagai merchant GrabFood dan GrabKios juga dapat mengakses bantuan. Mereka yang memenuhi persyaratan berhak mendapat pinjaman maksimal sebesar Rp50 juta dengan bunga sebesar 6 persen per tahun dengan masa pinjaman selama 1-3 tahun.

"Kami juga bekerja sama dengan Grab agar seluruh mitra yang mengambil fasilitas ini telah memenuhi seluruh persyaratan minimum seperti pendapatan rata-rata bulanan dan lama bermitra dengan Grab. Mitra merchant GrabFood dan mitra GrabKios akan diproses aplikasinya setelah melalui screening awal yang dilakukan oleh Grab berdasarkan data kinerja mereka," pungkas Handayani. (red)


Posting Komentar

0 Komentar